Pengertian Program, Programming, dan Programmer


Kalian pasti pernah mendengar istilah programming, apalagi jika kalian adalah anak TI, atau minimal kalian pasti pernah mendengar kata program. Nah... dalam postingan saya yang pertama ini saya akan membahas sedikit tentang program, programming, dan programmer. 


Pengertian Program

Komputer termasuk alat elektronik yang berkembang dengan pesat dan termasuk alat yang banyak digunakan saat ini untuk mempermudah berbagai macam pekerjaan.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Dalam komputer terdapat 3 komponen penting, salah satunya adalah software. Menurut Wikipedia, software (perangkat lunak) atau orang biasa menyebutnya dengan sebutan “program” adalah serangkaian instruksi yang ditulis untuk melakukan suatu fungsi spesifik pada komputer, atau bisa juga dikatakan program adalah perangkat lunak yang dibuat dengan serangkaian intruksi didalamnya untuk melaksanakan satu atau lebih pekerjaan.

Pengertian Programming dan Programmer

Dalam istilah program, muncul kata lain seperti “programming” dan "programmer". Programming adalah suatu kegiatan merancang atau membuat program. Dalam programming, kita akan selalu berhubungan dengan bahasa program, script (kode program), dan sebagainya, contoh kegiatan programming antara lain menulis kode atau coding. Sedangkan programmer adalah orang yang melakukan kegiatan programming atau membuat program.

Dalam programming, kita membutuhkan suatu program juga untuk membuatnya atau biasa disebut "compiler". Compiler adalah suatu program yang menerjemahkan bahasa program ( source code) ke dalam bahasa mesin, contohnya seperti Visual Basic, Turbo C++, dll.

Jika Anda ingin belajar programming, Anda bisa mengikuti kursus programming atau sekolah di sekolah kejuruan jurusan RPL atau informatika atau juga belajar dari internet secara otodidak juga bisa, tetapi rencananya dipostingan saya yang selanjutnya saya akan menulis tentang belajar cara membuat program sederhana dengan bahasa C++, jadi tunggu saja postingan saya yang selanjutnya ^_^.

Saya kira itu saja penjelasan tentang program, programming, dan programmer dari saya, bila ada kesalahan atau kekurangan atau penjelasan saya ini kurang memuaskan anda bisa bertanya atau menambahkan penjelasan di kolom komentar. Terima kasih ^_^.

Referensi :

*https://id.wikipedia.org/wiki/Program_komputer

*http://itdare.blogspot.co.id/2013/07/pengertian-pemrograman-programming.html


EmoticonEmoticon